Jumat, 29 November 2013

Bahasa Inggris 'Berawal di Turki'????


Oleh Press Association

Bahasa Inggris ternyata adalah turunan dari bahasa yang pernah muncul di Turki 8000-9500 tahun lalu, menurut sebuah penelitian.

Para ilmuwan merunut asal semua bahasa Indo-Eropa ke Anatolia, kawasan kuno di Asia barat yang kini menjadi Turki modern.

Bahasa Indo-Eropa mencakup spektrum bahasa yang luas, Inggris, Jerman, Prancis, Spanyol, Rusia, Polandia, Persia, Hindi, serta Yunani kuno termasuk di dalamnya. Para ilmuwan percaya semua bahasa ini berasal dari nenek moyang sama.

Para pakar berpikir bahwa bahasa-bahasa Indo-Eropa menyebar dari Timur Tengah seiiring dengan pertanian.

Ilmuwan yang dipimpin oleh Remco Bouckaert dari University of Auckland di Selandia Baru mencari sumber bahasa-bahasa Indo Eropa menggunakan metode dari ahli biologi evolusi.

Caranya, para peneliti mencari 'cognate' atau kata-kata dengan asal yang sama. Satu contoh adalah "mother", "mutter" (Jerman) dan "madre" (Spanyol) yang berarti ibu.

Kesamaan kata ini tidak mungkin muncul secara kebetulan. Dengan membuat model evolusi ratusan kata-kata sama, para peneliti berhasil menemukan tempat lahir bahasa Inggris, yaitu kawasan yang kini adalah Turki modern.

Penelitian ini diterbitkan di jurnal Science.
Sumber: Yahoo Technology.